Thursday, November 8, 2018

Sejarah Dan Marketing Mix Teh Javana

      Halo sobat pembaca, di sini saya akan menjelaskan sejarah masuknya teh di Indonesian bauran pemasaran atau marketing mix dan analisis SWOT dari salah satu produk teh Indonesia yaitu produk Teh Javana. 

   Sejarah Masuknya Teh ke Indonesia
    
     Pada tahun 1684, biji daun teh dibawa masuk ke Indonesia untuk pertama kalinya ditanam di Pulau Jawa. Baru pada abad ke-18 mulai dibangun perkebunan teh berskala besar di Indonesia. Tercatat dalam sejarah untuk pertama kalinya, teh kualitas terbaik dari Indonesia diekspor ke luar negeri yang berjumlah 200 peti yang dilelang di Amsterdam Belanda. Pada masa itu teh Indonesia berhasil mengharumkan nama bangsa hingga sampai saat ini.
    
      Sejarah PT Wings Food
             
     PT Wings Food merupakan perusahaan penghasil produk rumah tangga dan pemeliharaan kesehatan diri yang bermarkas di Jakarta surabaya Indonesia. 
          Perusahaan ini didirikan pada tahun 1949 dengan nama Fa Wings. Pada Pada tahun 1991 berganti nama menjadi Wings Surya.
          Produk Wings Food ini antara lain jenis produk sabun pembersih lantai makanan dan lain-lain.

       Bauran Pemasaran 
  
 Sebelumya saya akan menjelaskankan tentang bauran pemasaran. Bauran pemasaran adalah seperangkat alat pemasaran yang dapat dikendalikan, yang terdiri dari produk, harga, distribusi dan promosi yang dipadukan oleh perusahaan untuk menghasilkan respons yang diinginkan dalam pasar sasaran. 
( kotler, 1997:82 ).
     
   Bauran pemasaran ( Marketing mix ) dari produk teh Javana :

  1. Product ( produk )
      

 Teh Javana adalah Teh dalam kemasan botol yang di produksi oleh PT. WINGS FOOD, yang dimana teh Javana ini memiliki dua varian rasa yaitu rasa teh melati dan teh original. Teh Javana dalam produksinya teh Javana mengunakan teknologi aroma recovery system yang bekerja dalam tiga tahap yaitu :
a). Extraction system : Proses pengambilan rasa & aroma.
b). Repository system : Proses penyimpanan rasa & aroma.
c). Infusing system : Proses re-infusing kesegaran rasa & aroma Teh Javana.


 2. Price ( harga )
                 
  Untuk harga Teh Javana ini sangat bersahabat dengan kantong,  yaitu sekitar Rp3.000 per botol untuk harga retail Pulau Jawa, dan sekitar Rp4.000 sampai Rp5.000 per botol untuk harga di luar pulau Jawa. Jadi Teh Javana sangat terjangkau. 

  3. Place ( tempat )
          
 Produk  Teh Javana  ini sudah tersebar ke seluruh Nusantara dan bisa anda dapatkan di minimarket, swalayan, toko online  dan warung - warung terdekat di sekitar anda. 

  4. Promotion ( promosi )
         
 Dengan tagline "cita rasa khas Indonesia" PT Wings Food ingin menarik minat pembeli khususnya dari kalangan remaja. Punya juga promosi yang dilakukan oleh PT Wings Food. Banyak juga promosi yang dilakukan oleh PT Wings Food seperti kampanye digital di Facebook Instagram Twitter dan website manaIndonesiamu.comyang dimulai sejak Desember 2014  dengan tema kampanye "manaindonesiamu". Dalam pembuatan iklan PT Wings Food mengajak Maudy Ayunda sebagai bintang iklannya. 

Analisis SWOT

S  (strength/kekuatan )
      Teh Javana memiliki cita rasa teh Indonesia dengan proses produksi Aroma recovery system yang menjaga kesegaran rasa dan aroma Teh Javana.

W ( weakness / kelemahan)
      Ketersediaan bahan baku dalam pembuatan teh Javana dapat mengganggu proses produksi dari teh Javana.

O ( opportunity/ kesempatan )
         Banyak anak muda yang memilih mengkonsumsi teh jadi PT Wings Food berinovasi dengan memproduksi teh Javana yangyang memiliki khas Indonesia.

T ( threart / ancaman )
     Ancaman dari produk teh ini adalah dari banyaknya pesaing.
      
 Ok, sekian semoga bermanfaat, dan terimakasih telah berkunjung ke akun blog saya.
        


Refrensi :
  

1 comment: